Home Tadabbur Jadikan al-Qur’an laksana cermin

Jadikan al-Qur’an laksana cermin

Pentingnya Tadabbbur al-Qur’an 03

(Jadikan al-Qur’an laksana cermin)

  • Sifat cermin adalah memantulkan bayangan benda dengan sempurna, dengan kata lain cermin akan menyerupai benda apa saja sesuai aslinya.
  • Orang yg cerdas membaca al-Qur’an adalah orang yang menjadikan al-Qur’an seperti cermin (kal Mir-aah), ia selalu mencocokkkan dirinya dengan al-Qur’an. Ia bisa melihat dirinya baik atau buruk dgn bercermin pada al-Qur’an.
  • Ia termasuk orang yg baik, jika sifat dan perilakunya sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah dalam al-Qur’an, sebaliknya ia adalah orang yang buruk jika perintah Allah ditinggalkan dan larangan Allah dikerjakan.
  • Barangsiapa yg membaca al-Qur’an seperti cermin berarti ia telah membaca al-Qur’an dgn sebenar-benar bacaan (yatluunahu haqqa tilaawatih) seperti yang disebutkan dalam al-Qur’an:

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Orang-orang yang telah Kami beri Kitab, mereka membacanya  sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya.  Dan barangsiapa ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. 2:121).

  • Dengan membaca al-Qur’an seperti ini, maka al-Qur’an akan menjadi saksi, memberi syafaat, sahabat setia dan menjaganya, serta memberikan manfaat bagi dirinya dan keluarganya. Al-Qur’an juga akan mendatangkan seluruh kebaikan dunia dan akhirat untuk kedua orang tua dan anak-anaknya.

Akhukum fillah:

Muhammad Qasim Saguni

Maraji’: Akhlaq Hamalati al-Qur’an – al Imam Al Ajury hal. 27)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here